ANALISIS MANAJEMEN

analisis manajemen merupakan suatu kegiatan penelusuran keadaan kemampuan dan sumber daya suatu organisasi, memilahnya kedalam beberapa faktor dan menilainya untuk dapat menentukan faktor kunci sukses dan strategi dalam mencapai tujuan dan atau meraih peluang yang memberikan manfaat lebih besar.

pada mulanya kegiatan analisis selalu dikaitkan dengan penelitian ilmiah. namun belakangan ini kegiaatan analisis sebagai karya ilmiah sudah dilakukan dalam berbagai kegiatan manajemen. dalam kondisi lingkungan yang c epat berubah dan terus menerus analisis manejemen menjadi sangat urgen dalam membantu pimpinan dan menejer untuk menjalankan tugasnya merumuskan tujuan, sumber daya, kemampuan, serta cara pencapaian tujuan atau kinerja organisasi.

analisis manajemen sangat besar maknanya bagi suatu organisasi. ibarat suatu kegiatan general check up kesehatan, akan dapat diketahui keadaan tingkat kesehatan organisasi. dimana kekuatan dan kelemahan yang akan diperbaiki agar tercipta suatu keunggulan organisasi mencapai tujuan atau meraih peluang yang lebih besar manfaatnya.

hakekat analisis manejemen adalah mencari dan menentukan atau memilih faktor kunci sukses yang akan diberdayakan dan kelemahan yang akan diperbaiki, serta ancaman yang akan diatasi agar organisasi tetap memiliki keunggulan untuk meraih peluang strategis yang memberikan manfaat yang lebih besar dan memuaskan semua stakeholders atau mencapai tujuan dan sasaaran yang telah ditetepkan.
dengan analisis manajemen yang objektif, logis, interpretasi yang tepat, dan alternatif-alternatif yang disajikan akan dapat dipilih aatau diambil keputusan dalam berbagai hal antara lain :

  1. penentuan tujuan yang akan dicapai
  2. peluang strategis yang memberikan manfaat yang lebih besar
  3. faktor kunci sukses aatau strategis untuk mendukung organisasi mencapai visi, misi tujuan atau peluang strategis.
  4. faktor-faktor yang lemah yang akan diperbaiki agar tidak menjadi penghambat.
  5. alternatif pemacahan masalah
  6. antisipasi terhadap resiko kegagalan aatau ancaman pesaing
  7. penyesuaian kebijakan ,keputusan rencana, program dengan perubahan keadaan terutama perubahan kebutuhan , keinginan publik.
  8. menguji mencocokan atau menysuaikan gagasan , pendapat, teori, konsep, prinsip-prinsip yang akan diterapkan dengan keadaan obejktif organisasi.
  9. peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya
  10. peningkatan efektifitas kegiatan semua bidang manajemen.

dasar pertimbangan pentingnya melakukan analisa manajemen :

pertama, setiap organisasi baik dibidang pemerintahan maupun bisnis menghadapi dua keadaan yang kontradiktif. disatu sisi dituntut mampu meningkatkan kinerja atau mencapai berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan, keinginan, harapan publik yang berubah terus dan disisi lain sumber daya yang mendukung terbatas terutama saat mengalami krisis.

kedua, terjadinya perubahan keadaan lingkungan dengan cepat akan berpengaruh terhadap keadaan internal orgnaisasi, sehingga perlu dilakukan suatu analisis agar konsep, prinsip, teori yang akan diterapkan selalu dapat disesuaikan , disempurnaakan dalam mencapai tujuan atau meraih peluang yang lebih besar.

ketiga, hasil analisis diharapkan mampu menyajikan pilihan alternatif-alternatif yang tepat dan efisien dijalankan.

keempat, organisasi yang tidak mampu melakukan perubahan atau penyesuaian dengan perubahan keadaan akan mengalami kesulitan mempertahankan eksitensi, apalagi untuk meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan organisasi.

Untuk PPTx silahkan klik tautan berikut : ALAT ALAT ANALISIS DALAM MANAJEMEN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s